Resep Dadar Gulung

Bahan-bahan:



- 100 gram tepung terigu
- 1 butir telur
- 300 ml air
- 1/2 sendok teh garam
- Minyak goreng secukupnya
- 100 gram kelapa parut kasar
- 50 gram gula merah, serut
- 1/4 sendok teh garam


Cara membuat:



1. Campurkan tepung terigu dan garam dalam sebuah wadah.
2. Tambahkan telur dan air, aduk hingga tercampur rata.
3. Panaskan wajan datar, olesi dengan minyak goreng.
4. Tuang adonan dadar, ratakan dan biarkan hingga matang.
5. Angkat dadar dan sisihkan.
6. Panaskan wajan, masukkan kelapa parut dan gula merah, aduk hingga gula merah larut dan kelapa matang.
7. Tambahkan garam, aduk rata.
8. Ambil satu lembar dadar, isi dengan campuran kelapa parut.
9. Gulung dadar hingga rapat, lakukan hingga adonan habis.
10. Potong dadar gulung sesuai selera.


Informasi Gizi:



- Kalori: 170 kkal
- Protein: 3 g
- Lemak: 9 g
- Karbohidrat: 20 g
- Serat: 1 g
- Kolesterol: 35 mg
- Natrium: 130 mg
Dadar gulung adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang sangat populer. Makanan ini terbuat dari adonan dadar yang diisi dengan kelapa parut dan gula merah. Rasanya manis dan gurih, sangat cocok untuk dijadikan cemilan atau sarapan.
Untuk membuat dadar gulung, kita memerlukan bahan-bahan seperti tepung terigu, telur, air, garam, minyak goreng, kelapa parut kasar, gula merah, dan garam. Semua bahan ini mudah ditemukan di pasar tradisional atau supermarket terdekat.
Pertama-tama, kita harus membuat adonan dadar terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, cukup mencampurkan tepung terigu, garam, telur, dan air hingga tercampur rata. Panaskan wajan datar dan olesi dengan minyak goreng. Tuang adonan dadar dan ratakan hingga matang. Lakukan hingga adonan habis.
Selanjutnya, kita harus membuat isian dadar gulung. Campurkan kelapa parut kasar, gula merah serut, dan garam dalam wajan. Aduk hingga kelapa matang dan gula merah larut. Isi dadar dengan campuran kelapa parut dan gulung hingga rapat. Potong dadar gulung sesuai selera dan siap disajikan.
Dadar gulung mengandung kalori sekitar 170 kkal per porsinya. Makanan ini juga mengandung protein, lemak, karbohidrat, serat, kolesterol, dan natrium. Meskipun mengandung gula, namun dadar gulung masih dapat dikonsumsi dengan bijak dan seimbang.
Itulah resep dadar gulung yang dapat dicoba di rumah. Makanan ini sangat mudah dan praktis dibuat, cocok untuk dijadikan sarapan atau cemilan. Selamat mencoba!